Fitur tambahan Otentikasi HTTP Alamat E-mail  Untuk melindungi sebagian dari situs web, anda dapat menggunakan fitur otentikasi HTTP. Otentikasi HTTP terintegrasi dengan sistem email, sehingga anda tak perlu lagi repot-repot untuk mengelola database user (contoh: htpasswd, dll) secara terpisah.

ntuk mengizinkan hanya alamat email user@example.com, buatlah file .htaccess dalam folder yang akan dilindungi, yang berisi:

Require user user@example.com

Untuk mengizinkan seluruh alamat email yang terdaftar:

Require valid-user

Juga memungkinkan untuk mengizinkan lebih dari satu alamat email:

Require user user1@example.com user2@example.com user3@example.com

Anda dapat pula memasukkan beberapa alamat email ke dalam satu grup melalui fitur Email groups. Misalnya anda dapat memasukkan alamat email user1@example.com, user2@example.com dan user3@example.com di atas ke dalam grup ‘user’ misalnya, dan anda dapat mengganti perintah di atas menjadi:

Require dbd-group user

Otentikasi lainnya

Walaupun fitur ini akan sangat memudahkan untuk mengelola autentikasi pada situs web anda, anda juga dapat menggunakan fitur standar Apache untuk melindungi situs web anda. Contoh berikut diambil langsung dari dokumentasi Apache:

AuthType Basic
AuthName “Restricted Files”
AuthBasicProvider file
AuthUserFile /usr/local/apache/passwd/passwords
Require user rbowen

Tips

  • Gunakan otentikasi HTTP untuk melindungi bagian sensitif dari situs web anda, misalnya direktori /wp-admin/ pada CMS WordPress anda. Walaupun CMS WordPress sudah memiliki fitur otentikasi, dengan otentikasi HTTP, pihak tak bertanggung jawab kini harus menembus satu lapis perlindungan tambahan sebelum bisa menjebol situs web anda.
  • Ada cache otentikasi selama 5 menit. Jadi jika pengguna email mengganti password, maka ada kemungkinan dalam 5 menit yang masih berlaku adalah password yang lama.
Demikian Informasi mengenai Otentikasi HTTP Alamat E-mail semoga berguna dan bisa bermanfaat buat kita semua.
Baca juga artikel yang mungkin terkait :