Bagi anda yang sudah pernah jadi reseller pasti tau Perbedaan cPanel dan WHM, naha bagaimana dengan yang belum ? posting berikut ini akan menjelaskan secara singkat mengenai Perbedaan cPanel dan WHM.
Salah satu kontrol panel hosting yang paling banyak digunakan adalah cPanel, dimana cPanel terdiri dari dua bagian yaitu cPanel dan WHM. cPanel dan WHM ini biasanya digunakan secara bersamaan sehingga kita bingung apa sebenarnya perbedaan dari keduanya, tapi definisi dan perbedaan antara cPanel dan WHM sebenarnya cukup sederhana.

Gambar cPanel
cPanel

Panel (control panel) adalah sebuah halaman web yang berguna untuk memanage domain atau website secara individu(misal http://websiteanda.com).

cPanel memiliki beberapa feature/kegunaan, termasuk diantaranya untuk memanage email dan semua opsinya, log (pencatatan kegiatan hosting, seperti siapa saja yanga mengakses website), setingan keamanan (untuk website), domain management (seperti manage subdomain, addon domain dan lain sebagainya), setingan database dan banyak kegunaan lainnya.

Satu dari semua keuntungan yang ditawarkan cpanel adalah sisi kemudahannya, jadi pengguna bisa memanage sendiri semua fungsi hosting di cpanel tanpa harus melalui Admin hosting.

Gambar WHM
WHM

WHM (Web Host Manager) adalah sebuah halaman web yang digunakan untuk memanage layanan-layanan atau fungsi reseller, dan untuk administrators WHM juga digunkan untuk memanage semua website yang ada di server hosting.

Melalui WHM pengguna dengan level akses tertentu diizinkan menggunakan fungsi untuk memanage domain-domain yang terhosting disana, misal untuk mamanage quota bandwidth dan diskspace untuk masing-masing domain yang telah ditambahkan ke hosting, termasuk untuk manambah, menghapus dan memodifikasi domain di hosting. Saat kita menambah domain melalui WHM maka setiap domain tersebut akan memiliki account cpanel yang berbeda-beda, satu domain (yang ditambahkan ke hosting melalui WHM) satu account cpanel.

Perbedaan

cPanel digunakan untuk mengatur sebuah website sedangkan WHM digunakan untuk mengatur beberapa atau banyak website dan juga untuk mengatur hosting servernya sendiri (khusus untuk Admin hosting). Pengguna yang menghostingkan domain akan membutuhkan cPanel untuk memanage bermacam-macam aspek pada website mereka. Reseller (pengguna dengan paket hosting lebih dari satu domain) dan perusahaan web hosting akan menggunakan WHM untuk mengatur banyak domain (manambah, menghapus dan memodifikasi domain serta fungsi lainnya), tapi bukan untuk memanage pengaturan secara individu masing-masing domain.

Jadi cPanel dan WHM adalah sebuah kombinasi yang sangat bagus untuk memanage sebuah web hosting. Dengan antarmuka yang user frandly dan cukup sederhana sehingga memudahkan kita untuk mengatur sistem web hosting tanpa harus memiliki keahlian dan pengetahuan seputar antarmuka UNIX atau LINUX command line.

Demikian Informasi mengenai Perbedaan cPanel dan WHM semoga berguna dan bisa bermanfaat buat kita semua.
Baca juga artikel yang mungkin terkait :