Domain IDregTransfer domain adalah suatu proses pemindahan manajemen domain dari provider satu ke provider lainnya. Berikut adalah beberapa persyaratan untuk melakukan transfer domain TLD seperti .com / .net / .org / .info / .us, dan sebagainya dengan registrar yang berbeda.

1. Tahu EPP Code Domain yang Akan Dipindahkan

EPP Code adalah sebuah kode unik yang dimiliki oleh setiap domain yang aktif. Fungsi EPP Code sendiri bisa diibaratkan sebagai kunci agar dapat dilakukan perpindahan / proses transfer. Untuk mengetahui EPP Code bisa ditanyakan lebih lanjut dengan provider tempat Anda membeli domain tersebut atau melalui domain manager di provider masing-masing.

2. Usia Domain Telah Lebih Dari 60 Hari

Agar domain dapat di-transfer ke IDreg maka usia domain harus telah lebih dari 60 hari sejak pertama kali aktif. Contoh : Jika domain aktif pada tanggal 1 Oktober 2012 maka jika ingin dipindahkan dapat dilakukan setelah lebih dari tanggal 1 Desember 2012.

3. Status Domain Harus Aktif

Persyaratan lainnya yang tidak kalah penting adalah, status domain haruslah dalam posisi aktif (tidak expired). Jika masa aktif domain telah habis maka tidak dapat dilakukan transfer domain ke IDreg. Bagaimana jika masa aktif telah berakhir namun ingin tetap dipindahkan? Silahkan perpanjang dahulu masa aktifnya di provider sebelumnya.

4. Domain Dalam Posisi Unlock

Apabila domain tersebut di-lock, maka silahkan unlock terlebih dahulu. Untuk meng-unlock silahkan meminta bantuan pada provider domain tempat membeli domain atau melalui halaman domain manager yang digunakan oleh provider tersebut.

5. Tidak Menggunakan Fitur Privacy Protection

Fungsi dari fitur Privacy Protection adalah untuk menyamarkan data pribadi dari pemilik domain tersebut. Untuk mengeceknya bisa kita lakukan dengan cara melakukan whois dari web-web yang ada di internet. Jika pada saat dilakukan whois nama serta alamat kita tersamarkan, maka fitur tersebut sedang aktif. Untuk mematikannya bisa meminta bantuan kepada provider tempat membeli domain tersebut atau melalui halaman domain manager yang digunakan oleh masing-masing provider.

6. Alamat Email Aktif

Pastikan alamat email yang terdaftar pada saat mendaftarkan domain tersebut aktif dan dapat diakses. Mengapa? Sebab pada saat proses transfer domain akan berjalan, dari pihak registrar domain baru akan meminta konfirmasi kepada pemilik domain melalui link yang dikirimkan melalui email. Setelah disetujui, maka proses transfer domain akan segera berjalan.

Lamanya proses transfer domain sendiri biasanya membutuhkan waktu 5-7 hari setelah menyetujui untuk dilakukan transfer domain dengan mengklik link yang ada pada email. Biasanya agar aman dalam proses transfer domain, sisa usia domain maksimal 7 hari sebelum masa aktifnya berakhir. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga-jaga apabila prosesnya gagal.

Demikian Informasi mengenai Proses Transfer Domain semoga berguna dan bisa bermanfaat buat kita semua.
Baca juga artikel yang mungkin terkait :